Sabtu, 17 Maret 2012

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI INTERPERSONAL


UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI

Menurut Aristoteles, komunikasi memerlukan tiga unsur pendukung, yaitu:
1.        siapa yang berbicara (komunikator)
komunikator itu bisa di lihat dari jumlahnya, bisa satu orang, banyak orang, maupun massa.
2.        apa yang dibicarakan (message)
yaitu hal-hal yang disampaikan komunikator terhadap komunikan yang ditujunya. Pesan itu bersifat konkret, bisa berupa suara, mimik, ataupun gerak-gerik.
3.        siapa yang mendengarkan (komunikan)
komunikan adalah orang yang menerima pesan dari komunikator, orang yang mempunyai akal yang baik.

Awal tahun 1960-an, David K. Berlo membuat formula komunikasi yang lebih sederhana yang dikenal dengan ”SMCR”, yaitu: Source (pengirim), Message (pesan), Channel (saluran-media) dan Receiver (penerima).
Namun seiring berjalanya waktu pada perkembangannya, unsur – unsur tersebut berkembang menjadi lebih lengkap. Seperti yang diungkapkan Lasswell.

Berikut adalah lima unsur komunikasi menurut Lasswell :

1.Who? (siapa atau sumber).
Sumber atau komunikator adalah pelaku utama atau pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi, bisa seorang individu,kelompok, organisasi,maupun suatu negara sebagai komunikator.

2. Says What? (pesan).
Apa yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada penerima(komunikan), dari sumber (komunikator) atau isi informasi. Merupakan seperangkat symbol verbal atau non verbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan atau maksud sumber tadi. Ada 3 komponen pesan yaitu:
a.         makna
b.        symbol untuk menyampaikan makna, dan
c.         bentuk atau organisasi pesan.

3. In Which Channel? (saluran atau media).
Apa-apa saja Wahana atau alat yang digunakan komunikator untuk menyampaikan pesan kepada komunikan (penerima) baik secara langsung (tatap muka), maupun tidak langsung (melalui media cetak atau elektronik).

4. To Whom? (untuk siapa penerimanya).
Disini komunikator berhak berkomunikasi kepada siapa saja, baik ke satu Orang atau kelompok atau organisasi atau suatu negara yang menerima pesan dari sumber.

5. With What Effect? (dampak atau efek).
Dampak atau efek yang terjadi pada komunikan (penerima) setelah menerima pesan dari sumber, seperti perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan. Apakah komunikan memberikan efek yang baik sehingga adanya umpan balik yang diharapkan oleh komunikator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar